Thomas Tuchel Dortmund sang Pensiunan Jerman yang melatih Borussia Dortmund

Thomas Tuchel Dortmund sang pensiunan Jerman yang melatih Borussia Dortmund

 

Thomas Tuchel Dortmund sang pensiunan Jerman yang melatih Borussia Dortmund

Thomas Tuchel , lahir 29 Agustus 1973 adalah pemain sepak bola pensiunan Jerman dan kepala pelatih di Borussia Dortmund.

Saat remaja Tuchel bergabung dengan klub TSV Krumbach. Pada tahun 1988, ia pindah di dekat FC Augsburg (kemudian bergabung di Bundesliga). Ia kemudian mendapat kesempatan untuk bermain 2 Bundesliga untuk Württemberg Kickers mendampingi Stuttgarter dari tahun 1992. Ia bermain di delapan pertandingan di 1992-93, dan, setelah masa pertandingan di tahun 1993-1994.  Ketika ia turun dari Kickers sebagai tim pertama, ia bergabung dengan Regionalliga Süd yang mana menduduki posisi ketiga di SSV Ulm. Dimana ia bermain di 69 pertandingan untuk tim Swabia dalam empat tahun sebelum mengakhiri karir aktifnya karena cedera tulang rawan kronis pada tahun 1998.
Tuchel memulai karir kepelatihannya pada tahun 2000 sebagai  kepala pelatih untuk usia dibawah 19 tahun  di klub VfB Stuttgart. Setelah lima tahun dia kembali ke mantan klubnya FC Augsburg, di mana ia bekerja sebagai tim muda co-ordinator selama tiga tahun. Dia adalah manajer FC Augsburg II selama musim 2007-08.

Pada tanggal 19 April 2015, diumumkan bahwa Tuchel akan menggantikan Jürgen Klopp sebagai manajer Borussia Dortmund dari musim 2015-16. Dia memiliki sesi latihan pertama pada tanggal 29 Juni 2015. Pertandingan pra-musim pertamanya selesai dengan kemenangan 17-0 melawan tim Olimpiade Jerman pada tanggal 4 Juli 2015. Ia memenangkan pertandingan kompetitif pertamanya. Menang 1-0 UEFA Europa League melawan klub Austria Wolfsberg, Tuchel Dortmund memiliki peran dari 11 kemenangan berturut-turut, yang berakhir pada 23 September 2015 dalam pertandingan di Hoffenheim di Bundesliga, permainan itu berakhir dengan score 1-1.

Dalam musim pertamanya di Dortmund, Tuchel memimpin klub ke tahap perempat final Liga Europa, di mana mereka tersingkir oleh pendahulunya Klopp Liverpool. Pada tanggal 20 April 2016, Dortmund lolos ke 2016 DFB-Pokal berakhir dengan memenangkan 3-0 dengan mengalahkan Hertha BSC. Namun mereka kalah di final untuk Bayern Munich lewat adu penalti.

Selama pra-musim di Cina untuk Piala Champions Internasional 2016, Tuchel menyebabkan Dortmund menderita kekalahan 4-1 dari Manchester United. Meski kalah adu penalti untuk Manchester City di pertandingan berikutnya, mereka menyelesaikan pertandingan di  Cina dengan posisi di 4 poin. Namun, mereka tidak menerima piala karena salah satu pertandingan lainnya dibatalkan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: