Ruud Gullit Pemain Merangkap Manajer

Ruud Gullit Pernah Menjadi Pemain Merangkap Manajer

Ruud Gullit Pernah Menjadi Pemain Merangkap Manajer
Ruud Gullit, lahir 1 September 1962 berasal dari Belanda sebagai manajer sepak bola dan mantan pemain sepak bola yang bermain secara profesional di tahun 1980-an dan 1990-an sebagai gelandang atau maju . Dia adalah kapten dari tim nasional Belanda yang menang di UEFA Euro 1988 dan juga anggota dari skuad untuk Piala Dunia FIFA 1990 dan Euro 1992 .

Di tingkat klub, pada tahun 1987 ia pindah dari PSV ke Milan dengan biaya transfer yang tinggi di dunia. Mudah dikenali dengan rambut gimbalnya yang khas, ia adalah bagian dari trio Belanda terkenal di Milan yang termasuk Marco van Basten dan Frank Rijkaard . Gullit memenangkan tiga Serie A dan dua Piala Eropa bersama Milan. Pada tahun 1996, ia menandatangani kontrak untuk Chelsea dan setahun kemudian diangkat klub pemain-manajer. Di musim debutnya, ia memimpin Chelsea untuk Piala FA sukses, gelar besar pertama klub selama 26 tahun, dan dengan demikian menjadi manajer asing pertama yang memenangkan Piala FA.

Gullit memenangkan Ballon d’Or pada tahun 1987 dan diberi nama World Soccer Player of the Year pada tahun 1987 dan 1989. Biasanya sebagai seorang midifielder menyerang , dia adalah seorang pemain serbaguna, bermain di berbagai posisi selama karirnya. Pada tahun 2004 ia diangkat salah satu 125 besar Footballers hidup Top sebagai bagian dari FIFA perayaan ulang tahun ke-100.
Dia adalah seorang pemain yang lengkap dan serbaguna, Gullit melambangkan etos Total Football karena ia alami mahir di beberapa posisi, dan mampu membantu timnya membela diri serta ofensif karena pekerjaan-tingkat dan kecerdasan taktis. Biasanya digunakan sebagai midifielder menyerang atau sebagai striker kedua , dia mampu bermain di mana saja di lini tengah atau di sepanjang garis depan , di kedua sayap atau bahkan di pusat . Dianggap sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa, atribut utama nya atletis, karena ia menggunakan kekuatan dan kecepatan, comined dengan teknik, untuk efek yang besar; ia juga sangat baik di udara, karena ia bertubuh tinggi dan jumper yang sangat baik. Namun, luar biasa untuk seorang yang tinggi perawakannya nya, Gullit adalah seorang pemain yang elegan, yang juga memiliki kekuatan alami, ketenangan, kemampuan teknis, dan dribbling keterampilan, yang memberikan gaya anggun untuk permainannya. Gullit juga terkenal karena kecerdasannya, kreativitas, visi, dan kemampuan spasial, kualitas yang membantunya mencetak gol di awal karirnya dan memungkinkan dia untuk bermain dalam peran yang lebih dalam sebagai playmaker di akhir hari, di mana ia dikenal untuk menciptakan peluang untuk rekan tim.

Gullit juga muncul sebagai cendekiawan untuk ITV selama Piala Dunia 2006 dan bekerja sebagai seorang analis untuk laga Liga Champions pada Sky Sports dan Al Jazeera Sports . Selama Piala Dunia FIFA 2010 , Gullit bekerja sebagai analis studio bersama mantan pemain J├╝rgen Klinsmann dan Steve McManaman untuk ESPN . Ia kemudian bekerja sebagai seorang analis untuk Al Jazeera Sports selama Euro 2012 bersama Glenn Hoddle dan Terry Venables.

Pada tahun 2013, Gullit dan beberapa mantan pemain lainnya diundang ke EA Sports’s FIFA 14 sebagai “Legends” kartu di FIFA Ultimate Team, ini adalah salah satu penghargaan tertinggi dalam permainan.

Pada tahun 2014, Gullit bergabung BBC Match of the Day sebagai cendekiawan studio dan pertama kali muncul selama musim 2014-15.

Leave a Reply

%d bloggers like this: