Romario Pencetak Gol Produktif yang Beralih Menjadi Politisi

Romario Pencetak Gol Produktif Beralih menjadi Politisi

Romario Pencetak Gol Produktif Beralih menjadi Politisi
Romario de Souza Faria (lahir 29 Januari 1966), yang dikenal hanya sebagai Romario, adalah seorang politisi Brasil, yang sebelumnya mencapai ketenaran di seluruh dunia sebagai seorang profesional pesepakbola. Sebagai seorang striker yang produktif dimana dirinya terkenal karena finishing yang klinis, ia dianggap sebagai salah satu pemain depan terbesar sepanjang masa. Romario menjadi bintang untuk Brazil dimana mereka meraih kemenangan Piala Dunia 1994 FIFA, menerima FIFA Golden Ball sebagai pemain terbaik dari pertandingan. Dia menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA tahun yang sama. Dia menduduki posisi kelima di FIFA Player of the Century melalui polling internet pada tahun 1999 dan juga termasuk dalam FIFA 100 daftar pemain terpopuler di dunia pada tahun 2004.

Pada tingkat klub, setelah mengembangkan awal kariernya di Brasil, Romario pindah ke PSV Eindhoven di Belanda pada tahun 1988. Selama lima musim di PSV klub menjadi Eredivisie juara tiga kali, dan dia mencetak total 165 gol dalam 167 pertandingan. Pada tahun 1993 ia pindah ke FC Barcelona dan menjadi bagian dari Johan Cruyff’s ” Dream Team “, membentuk tim penghalang yang luar biasa dengan Hristo Stoichkov. Dia memenangkan La Liga di musim pertamanya dan selesai sebagai pencetak gol terbanyak dengan 30 gol dalam 33 pertandingan. Selama hidupnya di dunia sepak bola dia menjalani kedua karirnya Romario, bermain untuk klub dalam kota Rio de Janeiro di Brasil. Ia memenangkan liga Brasil melalui penghargaan CR Vasco da Gama pada tahun 2000 dan merupakan seorang pencetak gol terbanyak yaitu tiga kali menjadi pemenang di liga. Pada akhir karirnya ia juga bermain sebentar di Qatar, Amerika Serikat dan Australia.

Dengan mengantongi 55 gol dalam 70 penampilan untuk Brasil, Romario adalah pencetak gol tertinggi ketiga untuk tim nasional, dimana peringkat satu adalah Pele dan peringkat ke dua adalah Ronaldo. Namun dirinya menduduki posisi kedua pada daftar pemain sepanjang masa dari top skor Brasil liga dengan 154 gol. Selain sebagai pencetak gol terbanyak dalam banyak kompetisi yang berbeda, dia adalah salah satu dari sangat sedikit striker yang mamapu untuk melampaui 1.000 gol dan dia juga merupakan pencetak gol kedua paling produktif dalam sejarah sepak bola.

Leave a Reply

%d bloggers like this: