Roger Milla Mantan Striker yang Aktif Menjadi Duta Keliling Afrika

Roger Milla Mantan Striker yang Aktif Menjadi Duta Keliling Afrika

Roger Milla Mantan Striker yang Aktif Menjadi Duta Keliling Afrika
Albert Roger MOOH Miller (lahir 20 Mei 1952), umumnya dikenal sebagai Roger Milla, adalah pensiunan Kamerun pesepakbola yang bermain sebagai striker. Dia adalah salah satu yang pertama Afrika pemain untuk menjadi bintang utama di panggung internasional. Ia bermain di tiga Piala Dunia untuk tim nasional Kamerun.

Dia mencapai bintang internasional pada usia 38 tahun, usia dimana sebagian besar pemain bermain sudah pensiun, dengan mencetak empat gol di Piala Dunia FIFA 1990. Dia membantu Kamerun menjadi tim Afrika pertama yang mencapai Piala Dunia perempat final. Empat tahun kemudian, pada usia 42, ia menjadi pencetak gol tertua dalam sejarah Piala Dunia dengan mencetak gol melawan Rusia di Piala Dunia FIFA 1994.

Dia juga diingat untuk perayaan gol khasnya berlari ke sudut bendera dan melakukan tarian. Pada tahun-tahun yang telah diikuti, ia telah diakui sebagai pelopor banyak perayaan gol yang tidak konvensional dan imajinatif yang terlihat sejak itu. Dia bernama salah satu 125 pemain yang hidup sepak bola terbesar pada tahun 2004 oleh pemain sepak bola Brasil Pele. Pada tahun 2007, ia dinobatkan oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika sebagai pemain Afrika terbaik dari 50 tahun sebelumnya.
Milla dibatasi 63 kali untuk tim nasional, mencetak 37 gol. Milla membuat penampilan pertamanya untuk Kamerun pada tahun 1973 dibandingkan Zaire di kualifikasi Piala Dunia. Ia adalah anggota tim Kamerun di Piala Dunia FIFA 1982, memiliki tujuan dianulir melawan Peru dalam pertandingan pertama mereka. Kamerun pergi dengan tiga kali seri dari tiga pertandingan putaran pertama mereka. Dua tahun kemudian, ia adalah bagian dari skuad bersaing di Olimpiade 1984 Musim Panas di Los Angeles, California. Dia pertama kali pensiun dari sepak bola internasional pada tahun 1987, dan akhirnya pindah ke Reunion di Samudra Hindia dimana ia bermain untuk JS Saint-Pierroise.

Namun, pada tahun 1990, ia menerima telepon dari Presiden Kamerun Paul Biya, yang meminta dia untuk keluar dari pensiun internasional dan bergabung kembali dengan tim nasional. Dia setuju, dan pergi ke Italia dengan Indomitable Lions untuk Piala Dunia 1990.

Dia sekarang menjadi duta keliling untuk wilayah Afrika. Pada tahun 2004, ia diangkat oleh FIFA 100 , masuk dalam daftar 125 pemain terbesar yang dipilih oleh Pele bersama dengan FIFA pada perayaan ke seratus.

Milla membintangi sebuah iklan Coca-Cola untuk Piala Dunia FIFA 2010 sebagai pencetus tarian seperti pada saat dia mencetak gol. Dia terlihat dalam kerumunan semua yang minum Coca-Cola.

Leave a Reply

%d bloggers like this: