Pemain depan Ukraina Shakhtar Donetsk – Eduardo

Eduardo da Silva pemain depan Ukraina Shakhtar Donetsk

Eduardo da Silva pemain depan Ukraina Shakhtar Donetsk

Eduardo Alves da Silva (lahir 25 Februari 1983),  dikenal sebagai Eduardo, kadang-kadang dijuluki Dudu, adalah kelahiran Brasil Kroasia . Pesepakbola yang bermain untuk klub Ukraina Shakhtar Donetsk. Mampu memainkan setiap posisi depan, ia mulai sebagai striker, namun dia juga dapat berperan untuk pemain sayap atau striker baris kedua selama beberapa tahun terkahir.

Dia memulai karirnya dari klub kampung halamannya di Brasil, Bangu Atlético Clube. Ia kemudian bergabung dengan tim muda Dinamo Zagreb ini. Ia menghabiskan masa pinjaman di Inter Zaprešić, mencetak 10 gol dalam 15 pertandingan. Pencapaian nilai produktifnya di Dinamo Zagreb, di mana ia mencetak 73 kali dalam 109 penampilan liga, menarik minat Arsenal yang ditandatanganinya dengan biaya sebesar £ 7,5 juta pada tahun 2007.  Sebuah cedera kaki serius menghambat kariernya di Arsenal. Dan setelah 3 tahun bergabung dengan Arsenal dia pun pindah   ke Shakhtar Donetsk pada tahun 2010.

Eduardo mengambil  kewarganegaraan Kroasia pada tahun 2002 dan membuat debut internasional untuk tim senior Kroasia sebagai pengganti di babak kedua dalam pertandingan persahabatan melawan Republik Irlandia pada 16 November 2004 di usia 21. Dia dipilih oleh pelatih tim nasional Slaven Bilic untuk UEFA Euro 2012 turnamen dan lagi oleh Niko Kovač untuk Piala Dunia FIFA 2014. Dengan 29 gol yang dicetak untuk Kroasia, Eduardo adalah  striker  kedua yang paling produktif   setelah Davor Suker dengan 45 gol.

Eduardo dibesarkan di lingkungan Rio de Janeiro dari Bangu dan membuat langkah pertamanya di klub sepak bola dengan CBF Nova Kennedy dan Bangu Atlético Clube, meskipun ia tidak bermain secara teratur dalam kategori muda. Ia kemudian mendapat perhatian dari tim Dinamo Zagreb dan bergabung dengan mereka   pada bulan September 1999. Eduardo tinggal di Dinamo sampai Desember 1999 dan kembali ke klub pada bulan Februari 2000, dan mulai bermain secara teratur karena adanya skuad U-17. Eduardo menemukan jalan ke tim pertama pada musim panas 2001, meskipun menderita beberapa luka di awal karirnya.

Setelah membuat debut pertama timnya dengan Dinamo pada musim 2001-02, Eduardo dipinjamkan selama satu musim ke Kroasia di klub divisi Inker Zaprešić (sekarang Inter Zaprešić) di 2002-03 dimana dia mencetak 10 gol dalam 15 permainan untuk klub.

Leave a Reply

%d bloggers like this: