Marco van Basten Singkat Didunia Sepak Bola Akibat Cedera

Marco van Basten Pemain Terbaik Belanda

Marco van Basten Pemain Terbaik Belanda
Penggemar sepak bola ditahun 80an pasti akan tahu siapa Marco van Basten ini. Marcel “Marco” van Basten lahir di Utrecht, Belanda, 31 Oktober 1964 saat in telah berusia 52 tahun adalah seorng manajer sepak bola dan mantan pemain sepak bola Belanda, yang pernah bermain untuk Ajax dan Milan, serta tim nasional Belanda, pada dekade 1980-an dan awal 1990-an sebagai seorang penyerang. Dia dianggap sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa dan telah mencetak kurang lebih 300 gol selama kariernya, namun karena menderita cedera, ia memainkan pertandingan terakhir pada tahun 1993 ketika usia 28, cedera tersebut memaksanya pensiun dua tahun kemudian. Ia kemudian menjadi pelatih kepala Ajax, tim nasional Belanda, Heerenveen, dan AZ Alkmaar.

Pada saat dia bermain untuk Belanda, Van Basten memenangkan gelar juara untuk Belanda, dan namanya masuk ke dalam player of the tournament, di Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 1988. Ia mencetak lima gol dalam turnamen itu, termasuk gol tendangan voli-nya yang tak terlupakan di final saat melawan Uni Soviet. Pada tingkat klub, ia memenangi tiga gelar Eredivisie dan sebuah trofi Piala Winners UEFA bersama dengan Ajax, dan memenangkan tiga gelar Serie A dan dua gelar Piala Champions Eropa bersama dengan Milan.

Dalam permainan dilapangan dia dikenal karena keahlian kontrol bola dekatnya, kecerdasan dalam menyerang dan tembakan voli yang spektakuler, Van Basten meraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA pada tahun 1992 dan memenangkan Ballon d’Or sebanyak tiga kali, pada tahun 1988, 1989 dan 1992. Pada tahun 1999, dia berada di peringkat keenam dalam polling internet FIFA Player of the Century, peringkat kesepuluh dalam pemilihan Pemain Eropa Abad Ini yang diselenggarakan oleh IFFHS dan berada di urutan 12 dalam pemilihan Pemain Terbaik Dunia Abad Ini versi IFFHS. Pada tahun 2004, ia dimasukkan oleh Pele ke dalam daftar FIFA 100. Pada tahun yang sama, sebuah jajak pendapat untuk memilih 100 orang terbesar Belanda diadakan di Belanda, Van Basten berada pada peringkat nomor 25, pemain sepak bola dengan urutan tertinggi kedua, di belakang Johan Cruijff. Pada tahun 2007, Sky Sports menempatkan Van Basten di urutan pertama pada daftar atlet hebat yang memiliki karier singkat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: