Luis Enrique, sang mantan Spanyol yang menjadi Manager Barcelona

Luis Enrique sang mantan Spanyol yang menjadi manager Barcelona

Luis Enrique sang mantan Spanyol yang menjadi manager Barcelona

Luis Enrique Martínez García (lahir 8 Mei 1970), yang dikenal sebagai Luis Enrique, adalah mantan pemain sepak bola profesional Spanyol, dan saat ini dia adalah manajer FC Barcelona.

Dia adalah seorang pemain serbaguna, dengan teknik yang baik, ia mampu bermain di beberapa posisi yang berbeda, tetapi biasanya bermain sebagai gelandang atau sebagai penyerang, dan juga terkenal karena temperamen dan staminanya. Mulai tahun 1991 dan berakhir pada tahun 2004, ia mewakili Real Madrid dan Barcelona dengan individu yang sama dan tim sukses, tampil di lebih dari 500 pertandingan resmi dan mencetak lebih dari 100 gol. Dia muncul dengan tim nasional Spanyol di tiga Piala Dunia dan satu kejuaraan Eropa.

Luis Enrique mulai bekerja sebagai manajer pada tahun 2008 dengan Barcelona B dan, tiga tahun kemudian, pindah ke Roma. Pada musim 2013-14 ia berhasil Celta, sebelum kembali ke Barcelona dan memenangkan treble di tahun pertama dan ganda di kedua.
Luis Enrique lahir di Gijón, Asturias, dan memulai karirnya dengan Sporting lokal de Gijón, di mana ia mendapat julukan Lucho setelah Luis Flores, maju Meksiko dalam tim. Dia kemudian menghabiskan sebagian besar hari-harinya bermain dengan dua klub terbesar Spanyol. Pertama Real Madrid selama lima musim dan, pada tahun 1996, setelah melihat keluar kontraknya, ia pindah ke rival sengit FC Barcelona dengan status bebas transfer The Catalans. Para pendukung merasa ragu saat pertama mengetahui tentang akuisisi baru mereka, tinggal delapan tahun dengan klub, akhirnya menjadi kapten tim dan mencetak gol beberapa kali di El Clásico melawan bekas tim nya, sedangkan dengan real Madrid, ia mencetak gol dalam kemenangan 5-0 di kandang melawan Barcelona, tapi ia membuat pernyataan ” merasa kurang sering dihargai oleh para pendukung real Madrid dan tidak memiliki kenangan yang baik di sana”.
Luis Enrique bermain untuk Spanyol di tiga Piala Dunia FIFA: 1994, 1998 dan 2002 (serta UEFA Euro 1996), dan mencetak 12 gol saat mendapatkan 62 caps. Dia juga anggota dari skuad emas pemenang di Olimpiade Musim Panas tahun 1992 di Barcelona, dan melakukan debut untuk sisi utama pada tanggal 17 April 1991, menampilkan selama 22 menit pada hilangnya ramah 0-2 ke Rumania di Cáceres.
Pada tanggal 19 Mei 2014, ia mengumumkan bahwa Luis Enrique akan kembali ke Barcelona sebagai manajer, setelah ia menyetujui kontrak dua tahun. Dia direkomendasikan oleh direktur olahraga Andoni Zubizarreta, mantan rekan setimnya nasional. Pertandingan kompetitif pertamanya adalah liga kemenangan kandang 3-0 atas Elche CF, di mana ia menyerahkan debut untuk pemain baru Claudio Bravo, Jérémy Mathieu dan Ivan Rakitic, dan para pemula Munir El Haddadi, Rafinha dan Sandro Ramirez penampilan mereka di liga untuk klub, sementara untuk musim panas dikabarkan bahwa penandatangan untuk Luis Suárez mengalami penundaan.

Luis Enrique mengalami kekalahan pertama dalam kompetisi pada 25 Oktober 2014, pada saat melawan Real Madrid, dan meskipun Barcelona sukses di tahun ini, manajemennya berada di bawah pengawasan karena  melibatkan beberapa perubahan lineup di pertandingan berturut-turut.

Leave a Reply

%d bloggers like this: