Gheorghe Hagi “The King” Ditahun 80 dan 90an

Gheorghe Hagi "The King" dari Rumania

Gheorghe Hagi "The King" dari Rumania
Gheorghe Hagi, pria kelahiran 5 Februari 1965 ini adalah mantan pemain sepak bola Rumania, dianggap sebagai salah satu yang gelandang penyerang terbaik di Eropa selama tahun 1980 dan 1990-an dan pesepakbola Rumania terbesar sepanjang masa. Penggemar Galatasaray memanggilnya ‘Comandante’ (The Commander) dan Rumania memanggilnya ‘Regele’ (The King).

Dijuluki “The Maradona dari Carpathians”, Hagi dianggap sebagai pahlawan di tanah airnya. Dia bernama Rumania pemain terbaik dimasanya dan dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik dari generasinya. Sebagai playmaker canggih kreatif, ia terkenal karena dribbling, teknik, visi, lewat dan finishing.

Hagi bermain untuk tim nasional Rumania di tiga Piala Dunia pada tahun 1990, 1994 (di mana ia diangkat di Piala Dunia All-Star Team) dan 1998, serta di tiga Kejuaraan Sepak Bola Eropa pada tahun 1984, 1996 dan 2000. Dia memenangkan Sebanyak 125 caps untuk Rumania, peringkat kedua setelah Dorinel Munteanu, dan merupakan pencetak gol terkemuka bersama (bersama Adrian Mutu) dengan 35 gol.

Pada November 2003, untuk merayakan UEFA Jubilee, ia terpilih sebagai Golden Pemain Rumania oleh Federasi Sepakbola Rumania sebagai pemain paling menonjol mereka dari 50 tahun terakhir. Pada tahun 2004, ia diangkat oleh Pele sebagai salah satu dari 125 Pesepakbola Hidup Greatest pada Upacara Choice FIFA. Hagi adalah salah satu dari beberapa pemain telah bermain untuk kedua rival klub Spanyol Real Madrid dan Barcelona.

Pada tahun 2009, Hagi didirikan klub Rumania Viitorul ConstanĊ£a. Saat ini ia adalah pemilik dan ketua klub. Hagi juga mendirikan Gheorghe Hagi akademi sepak bola, salah satu akademi sepakbola terbesar di Eropa Tenggara. Anaknya Ianis juga pesepakbola.

Gelandang menyerang kaki kiri berbakat, gaya bermain Hagi ini sering dibandingkan dengan Maradona sepanjang karirnya, karena kemampuan teknisnya serta karakter temperamental dan kepemimpinan sebagai seorang pemuda, ia terutama terinspirasi oleh rekan Anghel Iordanescu dan Ion Dumitru. Sebuah kreatif, cepat, dan mobile playmaker canggih, yang juga taktik fleksibel dan mampu bermain di beberapa posisi ofensif di kedua sayap atau melalui tengah, ia dikenal untuk kedua mencetak gol dan membantu tujuan, dan terkenal khususnya karena kemampuannya menggiring bola , visi, dan akurasi yang lewat. Dia juga seorang finisher yang akurat dan set-piece taker, dan memiliki kekuatan tubuh bagian atas menonjol, meskipun perawakannya kecil, yang, bersama dengan kekuasaannya, dibantu dia dalam melindungi bola dari lawan. Meskipun keterampilan dan reputasinya sebagai salah satu dari sepuluh besar dari generasinya, karirnya ditandai dengan inkonsistensi dan dia juga dianggap sebagai pemain yang kontroversial, karena sikap memberontak dan sombong yang menyebabkan beberapa perbedaan pendapat dengan manajernya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: