Gary Lineker Tetap Berkecimpung Didunia Bola Sebagai Pembawa Berita

Gary Lineker Tetap Berkecimpung Didunia Bola Sebagai Pembawa Berita

Gary Lineker Tetap Berkecimpung Didunia Bola Sebagai Pembawa Berita
Gary Winston Lineker, lahir 30 November 1960 (Inggris) adalah pensiun pemain sepak bola dan sekarang adalah penyiar olahraga. Dia adalah peraih rekor untuk gol di Piala Dunia FIFA final, dengan 10 gol. Karir Media Lineker dimulai dengan BBC, dimana ia telah mempresentasikan program unggulan Match of the Day sejak akhir 1990-an. Dia juga bekerja untuk Al Jazeera Sports, Eredivisie Hidup, NBC Sports Jaringan dan saat ini host BT Sport yang melaporkan dari Liga Champions.

Lineker memulai karir sepak bolanya di Leicester City dan selesai sebagai pencetak gol terbanyak bersama Divisi Pertama di 1984-85. Dia kemudian pindah ke Liga Champions Everton dimana ia dikembangkan sebagai finisher klinis, mencetak 30 gol dalam 41 pertandingan. Tim kehormatan pertama datang pada Barcelona , dimana ia memenangkan Copa del Rey pada tahun 1988 dan Piala Winners Piala Eropa pada tahun 1989. Ia kembali ke Inggris pada tahun 1989, bergabung dengan Tottenham Hotspur , dan selama tiga musim ia mencetak 67 gol dalam 105 pertandingan dan memenangkan Piala FA. Klub akhir Lineker adalah Nagoya Grampus Eight dan ia pensiun pada tahun 1994 setelah dua musim di pihak Jepang.

Lineker membuat debut Inggris pada tahun 1984, mendapatkan 80 caps dan mencetak empat puluh delapan gol selama karir internasional delapan tahun, finishing sebagai pencetak gol terbanyak kedua di Inggris setalah Bobby Charlton, sebelum ia dikalahkan oleh Wayne Rooney. Tujuan-to-game rasio internasional tetap menjadi salah satu yang terbaik untuk negara dan ia dianggap sebagai salah satu dari semua-waktu terbaik Inggris striker. Dia adalah pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1986 dan menerima Golden Boot, satu-satunya waktu seorang Inggris telah mencapai prestasi ini. Dia juga satu-satunya pemain yang memenangkan sepatu emas Inggris dengan tiga klub berbeda (Leicester City, Everton dan Tottenham Hotspur).

Meskipun ia menikmati karir yang panjang, Lineker tidak pernah diperingatkan oleh wasit untuk permainan kotor dan tidak pernah menerima kuning atau kartu merah. Sebagai hasil dari prestasi ini ia dihormati pada tahun 1990 dengan Penghargaan Fair Play FIFA . Dalam karir seniornya yang berlangsung 16 tahun dan 567 pertandingan kompetitif, Lineker mencetak total 282 gol di level klub. Ditambahkan ke 48 gol ia mencetak gol di pertandingan internasional, ia berhasil total 330 gol. Setelah pensiun dari sepak bola ia dilantik ke dalam Football Hall of Fame Inggris . Dia kemudian memimpin sebuah konsorsium yang diinvestasikan di klub lamanya Leicester, menyelamatkan dari kebangkrutan dan diangkat sebagai wakil presiden.

Leave a Reply

%d bloggers like this: