Gael Clichy “Invincibles” Dari Manchester City

Gael Clichy "Invincibles" Dari Manchester City

Gael Clichy "Invincibles" Dari Manchester City
Gael Clichy lahir 26 Juli 1985 adalah pemain sepak bola profesional Perancis yang bermain untuk klub Inggris Manchester City dan telah bermain untuk tim nasional sepak bola Perancis. Secara alami dia bermain dengan kaki kanan, ia terutama bermain sebagai bek kiri yang juga mampu bermain sebagai wingback ofensif-berpikiran. Clichy digambarkan sebagai pemain yang memiliki “stamina hampir tak tertandingi” yang “cepat dalam mengatasi dan bersedia untuk mendorong maju”. Dia adalah anggota dari tim Invincibles terkenal Arsenal sebelum meninggalkan klub pada tahun 2011.

Clichy lahir di kota Toulouse dan memulai karir sepak bolanya bermain untuk sejumlah klub amatir di d├ępartement Haute-Garonne seperti JS Cugnaux, AS Muret, dan Tournefeuille. Pada tahun 2001, ia pindah ke Provence-Alpes-Cote d’Azur wilayah bermain untuk Cannes klub profesional. Clichy membuat debut profesional bagi klub di musim 2002-03 ketika klub itu bermain di Championnat National, tingkat ketiga sepak bola Prancis. Setelah tiga musim dengan Cannes, pada tahun 2003, ia yakin dengan manajer Arsene Wenger untuk bergabung dengan Arsenal di Inggris.

Pada musim pertama Clichy dengan klub, ia adalah anggota tim, dijuluki Invincibles, yang pergi tak terkalahkan di musim liga. Sebagai hasilnya Clichy menjadi pemain termuda (umur 18tahun 10bulan) yang memenangkan medali Premier League. Setelah tiga musim back up Ashley Cole, pada musim 2006-07, Clichy mengambil alih peran pemula secara permanen. Pada musim 2007-08, ia muncul di semua 38 pertandingan liga. Penampilannya selama musim membuatnya mendapatkan sebuah penampilan di Professional Association Pesepakbola (PFA) Tim of the Year. Selain dari 2003-04 gelar liga, ia juga telah memenangkan Community Shield dan Piala FA pada tahun 2004 dan 2005, masing-masing, dengan Arsenal.

Clichy adalah mantan pemuda internasional Prancis dan telah mewakili negaranya di setiap tingkat yang ia memenuhi syarat. Sebelum bermain untuk tim senior, ia bermain di tim U-17 yang runner-up ke Swiss di Football Kejuaraan Eropa UEFA U-17 tahun 2002. Clichy membuat debut senior internasional pada bulan September 2008 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010 melawan Serbia. Dia membuat penampilan secara baik di turnamen internasional pertama untuk Prancis di Piala Dunia FIFA 2010. Clichy ikut serta di kompetisi melawan Afrika Selatan di laga pamungkas penyisihan grup.

Leave a Reply

%d bloggers like this: